Webinar sambil PJJ Laksana “Sambil Menyelam Minum Air”

  • Whatsapp

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah atas meskipun dalam pelaksanaannya tidak menutup kemungkinan ada dampak positif maupun negatif bagi pihak terkait menjadi alternatif selama di Indonesia virus corona belum punah, karena adanya surat edaran yang dikeluarkan oleh kemendikbud, View Post.

Menyikapi imbauan bekerja dari rumah (Work from Home) dan kini bekerja dari kantor (Work from Office) sudah diberlakukan lagi. Pada hari Kamis 12 November 2020 (pkl. 09.00 -12.00 WIB) seminggu yang lalu dan diperuntukan untuk umum, namun mayoritas pesertanya para guru yang haus akan ilmu dan tentu saja menambah pengetahuan ingin memanfaatkan waktu selagi pembelajarannya tidak tatap muka secara langsung sehingga aktif mengikuti webinar dalam rangka Hari Guru Nasional 2020 dengan tema “Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar” yang digagas ditjen.gtk.kemendikbud (kerjasama Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan dengan Organisasi Profesi).

Bacaan Lainnya

Kegiatan di bulan ini untuk yang kedua kalinya sebagai pelengkap materi tertanggal 5 November 2020 yang mengusung tema Kolaborasi Organisasi Profesi Guru.
Kegiatan Webinar (bertemakan Tata Kelola Organisasi Propesi Guru ) melalui media Zoom Meeting ini dipandu oleh moderator Abdulah Mukti, M.Pd (Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah), dengan tiga narasumber handal yang biasa berkecimpung di dunia pendidikan yakni Prof. Dr. Boedhowi, M.Si yang merupakan Guru Besar Universitas Sebelas Maret sebagai penampil paling awal, di urutan kedua Prof. Suyanto, Ph.D. yang menjabat sebagai Ketua Majelis Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta, sedangkan narasumber penutup dari Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PGRI yakni Dudung Abdul Qodir, S.Pd., M.Pd.

Selama 3 jam mengikuti kegiatan Webinar selain menyimak pemaparan para narasumber dan sesekali melihat slide, supaya tugas pokoknya memberikan materi kepada peserta didik yang sekarang menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) maka dalam waktu yang sama/sesekali matanya tertuju pada layar laptop/buku sumber/HP atau media lainnya laksana “Sambil Menyelam Minum Air” jadi tidak jenuh apalagi selain ilmu bertambah dengan tidak terbebani bayar pendaftaran alias gratis dan bagi peserta yang telah hadir secara online dengan syarat minimal sehari sebelumnya sudah mendaftarkan diri akan mendapatkan e-certificate (sertifikat elektronik).

Rentetan akhir kegiatan webinar yaitu sesi tanya jawab dari peserta yang dibacakan oleh moderator dan secara video call lalu ditanggapi oleh narasumber, sesi foto bersama dan daptar hadir oleh peserta secara online pula.

Oleh: Rubiyatul Adawiyah

Pos terkait