Usai Vaksin Tenaga Pengajar, Juli Belajar Tatap Muka

  • Whatsapp
Carwinda, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi

KORAN SIDAK, Bekasi – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menargetkan sekolah tatap muka bakal dibuka pada Juli 2021.

Target itu dipatok setelah dilakukan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik selesai pada Juni 2021.

Namun kebijakan belajar tatap muka yang menentukan yakni pemerintah daerah (Pemda), Kanwil kantor Kemenag, Kepala Sekolah, dan perwakilan orangtua melalui komite sekolah.

Akan tetapi, orangtua masih memiliki hak untuk memutuskan memperkenankan anaknya datang ke sekolah atau tidak.

Sementara itu, di Kabupaten Bekasi sekolah tatap muka rencananya akan dilakukan pada bulan Juli.

“Kami ingin memastikan kalau kita bisa menyelesaikan vaksinasi terhadap guru sampai akhir Juni, sehingga Juli sudah bisa melakukan proses tatap muka di sekolah  atau tahun ajaran baru. ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Carwinda, Selasa (06/04/2021).

Carwinda mengatakan, pembelajaran jarak jauh melalui daring yang dilaksanakan terlalu lama.

“Berisiko besar bagi para siswa. Jadi kita harus mengambil tindakan yang cepat dan gesit untuk bisa melaksanakan lagi sekolah tatap muka,” ujarnya.

Carwinda  menuturkan, selama kegiatan belajar tatap muka tersebut, pihak sekolah harus menerapkan protokol kesehatan dengan peraturan  5 M baik guru dan murid   secara ketat untuk mencegah penularan virus Covid-19 dilingkungan sekolah.

Menurutnya, banyak guru sudah kangen dengan para murid karena selama pandemi Covid-19 tidak bisa bertatap muka langsung. Selain itu juga banyak guru yang terkendala dengan sistem pembelajaran jarak jauh.

“Jadi kami harap dengan adanya akselerasi vaksinasi ini, para guru bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Editor: Hamdan Bhulle

Pos terkait