Uji KIR Dishub Kab. Bekasi Terapkan Prokes Covid-19

  • Whatsapp
Lokasi Uji KIR Dishub Kab. Bekasi

KORAN SIDAK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi membuka kembali pelayanan pengujian kendaraan bermotor (KIR). Sistem pelayanan yang kini diterapkan Dishub Kabupaten Bekasi berjalan sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Sementara itu, ada beberapa tahap yang disediakan oleh pihak Dishub demi kenyamanan serta keamanan pengemudi dan masyarakat, seperti dianjurkan memakai masker, pengecekan suhu tubuh, ruang tunggu dengan kapasitas lima orang, dan penyemprotan disinfektan pada kendaraan ketika memasuki ruang pengujian.

Bacaan Lainnya

Selama ini uji KIR merupakan tempat transit kendaraan berbagai ukuran dan pengemudi dari luar daerah. Terlebih mereka pengemudi antar kota antar provinsi dan antar kota dalam provinsi.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Kabupaten Bekasi Sugiarto mengatakan, dalam sehari antrean kendaraan yang akan uji KIR jumlahnya mencapai puluhan unit.

“Saat masuk lokasi uji KIR inilah kendaraan secara menyeluruh, pengemudi dan kernet dilakukan penyemprotan disinfektan. Selanjutnya mereka cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir dan duduk di tempat yang berjarak, serta memakai masker,” ujarnya, Rabu (24/2/21).

“Kami harus pantau tingkat disiplin pengemudi dan kondekturnya bahwa mereka sehat. Penerapan kesehatan sebelum masuk lokasi dengan penyemprotan disinfektan, cek suhu dengan thermogun, cuci tangan dengan sabun dan kursi yang ditempati tamu tetap kami beri jarak dengan pita khusus,” bebernya

“Bagaimanapun penerapan protokol kesehatan akan tetap diberlakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mengingat di berbagai daerah di Jawa Barat dan Indonesia masih banyak zona merah. Karenanya kami berharap kepada pengemudi dan petugas Dishub yang bertugas di uji KIR tetap memberlakukan protokoler kesehatan,” imbuhnya

Jalal seorang sopir truk yang ikut KIR mengatakan, petugas Dishub di uji KIR juga mengenakan masker, face shield, sarung tangan karet selama melayani para pengemudi saat uji KIR kendaraanya.

Bahkan kata Jalal, antara petugas dan pengemudi untuk urusan administrasi dibatasi dengan plastik khusus.

Editor: Budhie Uban

Pos terkait