Tetap Beroperasi, Sejumlah Galian C Ilegal di Purwakarta Tak Indahkan Teguran Bupati Anne

  • Whatsapp
Bupati Purwakarta dan Muspida saat sidak ke sejumlah Galian C ilegal
Bupati Purwakarta dan Muspida saat sidak ke sejumlah Galian C ilegal

KORAN SIDAK – Meski sudah dilakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah lokasi galian tanah merah oleh Bupati Purwakarta yang didampingi Polres Purwakarta, DPRD Purwakarta dan Satpol PP yang meminta agar kegiatan galian tanah merah (Galian C) menghentikan kegiatannya, namun masih tetap beroperasi.

Pantauan awak media, Kamis (16/7/2020) malam, kegiatan penambangan atau galian tanah merah yang berada di Kecamatan Cibatu dan Kecamatan Sukatani per tanggal 16 Juli 2020 kembali beroperasi.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal itu, banyak tokoh masyarakat Purwakarta yang mempertanyakan keseriusan Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika dalam mengambil kebijakannya untuk menghentikan semua kegiatan penambangan ilegal tersebut.

Bupati Anne saat memotret truk tanah merah
Bupati Anne saat memotret truk tanah merah

Seperti yang disampaikan salah seorang tokoh masyarakat dari Kecamatan Cibatu yang tidak mau disebutkan namanya.

Menurut dia, seharusnya Ambu, panggilan akrab Bupati Purwakarta, dengan tegas mengadukan para pengusaha tersebut ke aparat penegak hukum, sebab ketika hanya himbauan, faktanya para oknum pengusaha tersebut tidak menggubrisnya, malah mereka seperti mempermainkan Bupati dan sama sekali tidak ada rasa takut dan tidak menghargai.

Dikatakan, dirinya juga merasa kecewa, ketika oknum pengusaha yang berinisial HM dan SB yang melakukan kegiatan penambangan galian tanah merah tersebut di Kecamatan Cibatu seperti tidak ada rasa takutnya terhadap Buoati Purwakarta.

“Buktinya mereka masih melakukan kegiatan penambangan ilegal tersebut,” kesalnya, Jumat (17/7/2020).

Sebelumnya, berbagai pihak melakukan sidak ke sejumlah lokasi galian tanah merah yang berada di Purwakarta. Mulai dari Bupati Purwakarta, anggota DPRD, Polres Purwakarta dan Sat Pol PP sampai turun langsung ke lokasi galian tanah merah.

Bahkan para pengusaha galian C itupun sudah dipanggil oleh DPRD dan Bupati Purwakarta. Pihak DPRD dan Bupati Purwakarta ketika bertemu dengan para pengusaha galian C tersebut menekankan agar menghentikan kegiatan galian tanah merahnya sampai mereka semua membereskan kelengkapan perizinannya.

Saat sidak ke lokasi galian tanah merah yang berada di Kecamatan Babakan Cikao, Bupati Purwakarta sampai marah dan merasa sangat sedih, ketika melihat kondisi di lokasi galian tanah merah tersebut berpotensi membahayakan keselamatan warganya.

Pos terkait