Tanggul Kali Citarum Amblas dan Retak, Warga Desa Sumberurip Meradang

  • Whatsapp

KORAN SIDAK, KAB. BEKASI – Debit air Kali Citarum kembali naik, warga Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran bahu membahu membuat tanggul kali yang amblas dengan tanah karungan yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Selasa (17/3/2020).

Sebagaimana diketahui, tanggul Kali Citarum yang berada di Kampung Babakan Banten RT 05 tersebut mengalami amblas yang cukup signifikan setelah dihajar debit air bulan lalu, kini mengalami peningkatan sampai ke bibir tanggul. Sehingga pada saat air surut keadaannya cukup mengkhawatirkan yakni tanggul amblas dan retak-retak.

Bacaan Lainnya

Pihak Pemerintah Desa bersama-sama dengan pihak terkait termasuk warga sudah melakukan langkah jangka pendek untuk melakukan perbaikan dengan menimpah tanggul kali dengan tanah yang ada di dalam karung.

Informasi yang diterima koransidak.com, Kepala Desa Sumberurip, Jajang Sujai sudah menyampaikan keluhannya kepada pihak terkait agar segera diperbaiki.

Adapun yang dilakukan bersama-sama warga saat ini adalah langkah pertama yang sifatnya jangka pendek sambil menunggu kabar selanjutnya, dengan cara menimpa tanggul secara manual untuk mencegah jika suatu saat air Kali Citarum kembali mengalami peningkatan debit air atau naik.

Zamal Ketua Karang Taruna Desa Sumberurip berharap, agar segera ada perbaikan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

“Kami berharap agar segera dilakukan perbaikan, untuk jangka panjang dari Pemkab Bekasi memakai alat berat karena saat ini masih manual. Kalau tidak segera diperbaiki dikhawatirkan nantinya ada hal-hal yang tidak kita inginkan, ini kan sifatnya sementara,” imbuhnya.

Pos terkait