Tanggul Citarum Belum Diperbaiki, Jajang : Padahal Pak Presiden Turun Langsung

  • Whatsapp
GOTONG ROYONG : Warga Desa Sumberurip bergotong royong membuat tanggul darurat (Farman)

KORAN SIDAK, BEKASI – Pasca tanggul sungai citarum jebol pada Sabtu malam tanggal 20 Februari 2021 lalu dan merendam ribuan rumah warga. Masyarakat Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi masih khawatir dengan kondisi tanggul yang ada. Sebab kondisi tanggul masih kritis.

Saat itu, untuk mengantisipasi arus sungai, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan perbaikan darurat dengan cara menumpuk geobag dengan berat 1 ton per buah. Geobag jumbo tersebut dibuat sebagai tanggul sementara dan diharapkan kuat untuk menahan arus sungai.

Bacaan Lainnya

Namun sejak perbaikan darurat yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya, sampai saat ini belum ada perbaikan lagi. Padahal beberapa hari pasca jebol, Presiden Joko Widodo mendatangi lokasi tanggul yang jebol.

Kepala Desa Sumberurip, Jajang Sujai berharap agar pihak terkait dapat segera melakukan perbaikan tanggul Sungai Citarum yang jebol secara permanen.

“Tanggul belum diperbaiki secara permanen, makanya kami khawatir dengan kondisi tanggul Citarum. Padahal kan saat itu sampai Pak Presiden Joko Widodo turun langsung, tapi ini sudah mau memasuki musim hujan dan belum diperbaiki secara permanen,” kata Jajang, Senin (06/09/21).

Menurut Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, kata Jajang, perbaikan tanggul akan dikerjakan pada awal tahun 2022.

“Katanya awal tahun, tapi gak dijelaskan bulan berapa,” ungkapnya seraya mengatakan saat ini pihaknya sedang berupaya melakukan perbaikan tanggul secara manual. Upaya yang dilakukan sebagai antisipasi luapan air sungai Citarum.

“Kami koordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Bekasi dan alhamdulillah kami dapat bantuan bambu, karung dan terpal,” sambung Jajang.

Selain koordinasi dengan BPBD, Jajang pun mendatangi posko Dansektor 20 Citarum Harum. Kedatangan dirinya ke posko meminta tanah untuk mengurug tanggul Sungai Citarum.

“Alhamdulillah, Dansektor 20 Citarum Harum mengirimkan tanah sebanyak 4 mobil,” pungkasnya. (*)

Pos terkait