Soal Permintaan ZOSS, Kadishub Bakal Koordinasi dengan DPUPR Kab. Bekasi, Ini Alasannya

  • Whatsapp
Lokasi jalan yang membutuhkan dibangunnya Zona Selamat Sekolah (ZOSS) oleh Dishub Kab. Bekasi
Lokasi jalan yang membutuhkan dibangunnya Zona Selamat Sekolah (ZOSS) oleh Dishub Kab. Bekasi

KORAN SIDAK, KAB. BEKASI – Sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Kecamatan Babelan meminta agar Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi segera membangun Zona Selamat Sekolah (ZOSS).

Hal itu dilakukan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di wilayah itu, terutama di jalan raya yang seringkali dilintasi kendaraan yang cuiup padat.

Bacaan Lainnya

“ZOSS sangat dibutuhkan, mengingat banyaknya siswa di sekolah ini. Selain itu, jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Raya Babelan cukup padat,” beber Inen, guru senior yang mengajar di SDN Kebalen 03, Kecamatan Babelan, Senin (27/1).

Menurut Inen, letak SDN Kebalen 03 berada persis di Jalan Raya Babelan yang kondisi lalu lintasnya sangat padat setiap harinya. Sehingga, katanya, sangat membutuhkan sarana ZOSS yang memadai dibangun persis di depan sekolah.

Diakui, sekira 6-7 tahun lalu, pernah dibangun ZOSS di depan SDN Kebalen 03. Kata dia, dengan adanya ZOSS sangat membantu meminimalisir jumlah kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi.

“ZOSS sangat dibutuhkan bagi kami yakni para siswa dan guru serta para warga sekitar yang cukup padat penduduknya,” imbuh Inen.

Ketika dikonfirmasi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi R. Yana Suyatna mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bekasi.

“Saya akan berkoordinasi dengan pihak DPUPR Kabupaten Bekasi,” kata Yana yang ditemui di bilangan Cikarang, Senin (27/1).

Menurut dia, jalan yang akan dibangun ZOSS, terlebih dahulu harus diaspal hotmix. Hal itu, kata dia, untuk menghindari adanya pemeriksaan BPK lantaran rigid yang ada di setiap jalan di Kabupaten Bekasi saat ini berdebu, sehulingga tidak bisa menempel dengan cat yang dibangun untuk ZOSS.

“Cat yang akan membangun ZOSS di jalan, tidak akan nempel dengan beton yang ada di jalan, sehingga harus dihotmix,” tandasnya. (KSD)

Pos terkait