Sekcam Bantar Gebang Luncurkan Aplikasi Siharta, Ini Penjelasanya

  • Whatsapp

KORAN SIDAK — Meningkatkan pelayanan publik secara digital di Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi luncurkan aplikasi Siharta (Sistem Informasi Arsip Pertanahan) Senin (07/06/2021).

Acara yang berlangsung di room meting rumah makan Kabayan Vida Bantar Gebang Warsim Suryana S.IP .M.SI Sekcam Bantar Gebang lucurkan aplikasi SIHARTA untuk meningkatan pelayanan publik sistem informasi arsip Pertanahan.

Baca Juga :

Tampak hadir Asep Gunawan Camat Bantar Gebang, Satim Susanto Lurah Bantar Gebang, Acep Supriyadi Lurah Cikiwul, Wawan Nahwan Lurah Ciketing Udik, Nani Nariah Lurah Sumur Batu dan Para Kasi dan Staf Kecamatan Bantar Gebang.

Warsim Suryana S.IP , M.SI Sekcam Bantar Gebang, mengatakan Siharta sebuah aplikasi yang ada di Kecamatan Gebang dimana suatu sistem yang mengarsipkan dokumen Pertanahan di mana aplikasi itu yang saya sebut Siharta (Sistem Informasi Arsip Pertanahan).

“Kita tahu bahwa semua Kecamatan se-Kota Bekasi bahkan sebagian di Indonesia, karena camat itu merupakan PPATS (sementara) yang ada di wilayah Kecamatan Bantar Gebang di mana yang namanya sebuah PPATS ataupun pejabat pembuat akta tanah tentunya banyak sekali arsip,” katanya.

Dari kurun waktu, kata dia, yang begitu lama tentunya banyak bertumpuk, dengan adanya dokumen yang banyak tentunya dalam proses pencarian tentunya tidak mudah kalau tidak di menez dengan sebuah aplikasi digital.

Lanjut Warsim Suryana menjelaskan untuk saat ini aplikasi SIharta sudah bisa di pergunakan baru sebatas Arsip berupa dokumen Pertanahan dalam bentuk surat ( SPH ) Surat pelepasan hak untuk jangka pendeknya.

“Sedangkan untuk jangka menengah dan Jangka Panjang Insya Allah semua dokumen Pertanahan dari mulai AJB, Akte Waris, Akte hibah dan Akte Pembahian Hak bersama itu semua akan di digitalisasi dan masuk ke dalam sistem aplikasi SIharta,” bebernya.

Lanjutnya, Layanan aplikasi SIharta mempermudah untuk mencari dokumen pertanahan misalnya ada warga yang hilang dokumen tanahnya tinggal datang ke kantor Kecamatan Bantar Gebang untuk mengecek arsip dokumen tanah tersebut dengan membawa surat kehilangan bukti lapor ke kepolisan dan sudah di publikasi lewat tiga media cetak nasional dan bukti – bukti lainnya.

“Aplikasi SIharta bukan Aplikasi umum tetapi aplikasi khusus Internal di kantor Kecamatan Bantar Gebang yang bertujuan untuk memberikan pelayanan publik yang prima dalam bidang informasi arsip Pertanahan,” ulasnya.

Sementara Asep Gunawan Camat Bantar Gebang, mengatakan dengan diluncurkannya aplikasi Siharta di Kecamatan Bantar Gebang tentunya sangat bagus suatu kinerja yang sangat baik untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat terkait informasi arsip Pertanahan.

Pos terkait