Pengurangan Kantong Plastik DLH Kota Bekasi Luncurkan Reuseable Bag

  • Whatsapp
Siswa -siswi SMAN 2 dan Wakil Walikota Bekasi disamping APPRINDO dan APPBI

KORAN SIDAK, Bekasi – Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi gandeng Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) dan Asosiasi  Pengelola Pusat Belanja Indoesia (APPBI) laksanakan Kampanye Pengurangan Kantong Belanja Plastik dangan Reuseable Bag .

Reuseable  Bag adalah tas yang dapat dipergunakan berulang kali saat berbelanja. hal itu Dinas KLH Kota Bekasi melakukan kampanye Reuseable Bag saat di Car Free Day, agar masyarakat mengetahui pengganti kantong plastik yang dicipkan ramah lingkungan.

Bacaan Lainnya

Di acara tersebut Reuseable Bag ditukar kepada pengunjung Car Free Day yang emggunakan Kantong  Belanja Plastik ( Kantong Kresek). APRINDO yang diwakili Superindo, Alfamart, Indomaret, turun bersama menukarkan Reuseable Bag kepada pengunjung di Jl.Ahmad Yani, di Kawasan GOR dan Hutan Kota Bekasi, Jawa Barat.

Acara tersebut telah dihadiri TWUP4, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Siswa -siswi SMAN 2 dan Wakil Walikota Bekasi disamping APPRINDO dan APPBI.

Wakil Walikota Tri Adhianto menyampaikan perlunnya Pengurangan kantong belanja plastic sekali pakai perlu dikurangi dengan menggunakan Reuseable Bag (kantong tas belanja berulang kali). Sampah Plastik dapat merusak lingkungan, hal lain TPA Sumur Batu sudah Over Laoad dengan sampah Kota Bekasi 15000 ton/hari perlu penggunaan kantong plastik belanja di tiadakan di minimarket, mall, dan pasar tradisional.

“Pemerintah Kota Bekasi sudah lakukan pelarangan penggunaan kantong plastik di kawasan Pemkot Bekasi dan penggunaan tumbler bagi seluruh pegawai untuk minuman. Tidak boleh menggunakan Kemasan Plastik bagi minuman, Kita adakan Satgas Zero plastik. Satgas Zero plastik merazia Semua kantong plastik, botol plastik dan kemasan makanan yang menggunakan plastik, kita ambil dan kita berikan sosialisasi kepada mereka pegawai lingkungan Pemkot Bekasi. Tidakan ini Sebagai contoh kepada masyarakat Kota Bekasi ,kedepan semua mini market, mall, pasar tradisional tidak pergunakan kantong plastik sekali pakai tapi gunakan Reuseable Bag”, tegas Wali kota Bekasi Tri Adhianto.

Wakil Walikota Tri Adhianto berserta Ibu Wakil Walikota membagikan langsung Reuseable Bag dengan menukar kantong plastik belanja pengunjung Car Free Day. Pada kesempatan itu juga Wakil Walikota melakukan sosialisasi pengurangan kantong plastik kepada peserta senam Zumba di Hutan Kota,

Pentingnya perubahan pola penggunaan kantong plastik belanja sebagai wujud Masyarakat Kota Bekasi wujudkan Kota Bekasi 2020 Bebas dari kantong plastik belanja. Komitmen ini terlihat antusiasnya APRINDO dan anggotanya menyumbangkan 10.000 Kantong Reuseable Bag pada  6 Minggu Car Free Day Kota Bekasi sebagai sarana Kampanye Penggurangan Penggunaan Kantong Plastik sekali pakai ke Kekantung Belanja Berulang kali Pakai (Reuseable Bag). APPBI juga dalam rangkaian Kampanye juga ikut berpartisipasi dengan melakukan Kampanye di 2 Mall yaitu Metropolitan Mall dan Cibubur Plaza pada Bulan Desember ini.

Ferdinan, Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi  dan Benny Tunggul  Ketua Bidang Perkembangan Kehidupan perkotaan ikut serta dalam kampanye ini menjadi CFD sebagai target Sosialisasi kepada Konsumen dan Pedangang untuk merubah Pola Berbelanja dengan menggukan Reuseable Bag di Kota Bekasi, ditahun 2020 sepenuhmua tidak ada lagi kantong plastik sekali pakai di mini market, mall dan pasar tradisional. (Suhadi/Uci)

Pos terkait