Gegara PSBB, Mau Pulang Kampung Bingung Pemudik Nyasar Sampai Pebayuran

  • Whatsapp

KORAN SIDAK – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta Larangan Mudik dan Pulang Kampung oleh Pemerintah Pusat dan Daerah untuk memutus mata rantai Covid-19 membuat masyarakat yang ingin mudik harus berpikir dua kali.

Pasalnya, sejak adanya Larangan Mudik dan Pulang Kampung, pengecekan di berbagai daerah khususnya di setiap perbatasan Kabupaten/Kota oleh Aparat diperketat.

Bacaan Lainnya

Banyak pemudik atau pengendara motor, mobil pribadi, elf bahkan bus yang diputar
balik untuk kembali ke daerah asalnya oleh petugas.

Namun ada hal yang menarik perhatian di Jalan Raya Pebayuran, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Pantauan koransidak.com, Senin (4/5/2020) dini hari, pengendara pribadi berplat nomor kendaraan luar daerah serta mobil elf hilir mudik di jalan tersebut. Bahkan mereka tak segan untuk berhenti lalu bertanya kepada warga yang ada di pinggir jalan untuk menanyakan jalan pintas maupun jalan yang tidak ada pos penjagaan.

Saat ditanya ke pengendara, hal itu dilakukan agar mereka terhindar dari pengecekan petugas.

Bahkan di Desa Sumberurip Kecamatan Pebayuran, ada saja pengendara yang berhenti lalu bertanya, rata-rata dari DKI Jakarta dan Jawa Barat ke arah Pantura maupun ke daerah yang ada di daerah Jawa untuk pulang kampung.

Otong Sasmita, salah satu pegawai desa yang sempat menegur para pengendara mobil yang berhenti mengatakan bahwa kendaraan yang berhenti lalu bertanya ke masyarakat dikarenakan antara perbatasan Karawang-Bekasi ada pengecekan oleh petugas.

“Diperkirakan kendaraan dari Jakarta, karena ke sana ke sini di lockdown, akhirnya merejq itu lewat jalan-jalan tikus (pintas),” bebernya.

Ia mengaku tidak tahu persis, kenapa mobil pribadi dan mobil elf dari arah Jakarta ke luar Jakarta dan sekitarnya bisa sampai ke wilayah Pebayuran bahkan sampai malam hari berhenti dan bertanya.

“Padahal di perbatasan-perbatasan sendiri akses jalan menuju ke dan luar daerah sudah dijaga ketat oleh petugas,” paparnya.

Pos terkait