Di Tengah Pandemi Covid-19, PERMATA Bantu Krisis Pangan Warga Purwakarta

  • Whatsapp

KORAN SIDAK – Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, korban akibat Covid-19 terus bertambah, begitu pula dengan daerah yang terdampak juga makin meluas. Hal tersebut tidak terlepas dari lambat dan tidak tepat sasarannya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta dalam mengatasi krisis kesehatan dan pangan.

Dalam hal ini, masyarakat yang menjadi
korban dari hal tersebut. Di antaranya
buruh, kaum tani, pedagang kecil, kaum miskin perkotaan, pemuda-mahasiswa dan kelas pekerja lainnya adalah yang paling rentan.

Bacaan Lainnya

Selain pemahaman yang tidak utuh dimiliki untuk melakukan pencegahan, pola hidup dan pengetahuan mengenai kesehatan. Rakyat juga terbatas dalam kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kesehatannya.

Oleh karena itu, sebagai organisasi pemuda mahasiswa yang militan dan progresif, Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (Permata) telah mengambil peranan untuk melakukan aktifitas sosial dan kerja kemanusiaan membantu masyarakat Purwakarta dalam mengatasi krisis yang berkepanjangan ini dengan menggalang donasi dan penyaluran sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di setiap desa di Purwakarta.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PB Permata, Mochamad Ilga Sopian Maksum terkait kondisi penyaluran Bantuan dari pemerintah yang lambat dan tidak merata kepada masyarakat khususnya di Desa.

Pihaknya berharap bantuan-bantuan bisa tersalurkan di pedesaan, karena tidak sedikit mereka (masyarakat desa) yang belum tersentuh. Pemerintah Daerah kata dia, harusnya bisa memonitoring di lapangan, agar Pemerintah Desa ada yang mengawasi dan membantu meringankan teknis penyaluran.

“Pemerintah Daerah jangan sibuk mengurus PSBB seremonial yang tidak jelas arah dan pelaksanaannya, kami lihat Pemda lebih mementingkan perkotaan hingga pedesaan ditinggalkan,” bebernya.

Hal ini dijalankan organisasi Permata sebagai bentuk organisasi massa sektor mahasiswa daerah yang mengabdikan ilmu pengetahuan dan keberpihakannya terhadap masyarakat Purwakarta.

“Maka dari situasi kondisi tersebut, kami menuntut agar Pemerintah serius menjalani dan menyalurkan Bantuan sosial terhadap masyarakat bukan hanya sebagai ajang mencari eksistensi belaka . Kami juga menuntut agar pemda dapat transparansi dalam segala informasi terkait bantuan Covid-19 tersebut,” pintanya.

Dibukanya Galang Donasi dari Tanggal 29 April – 13 Mei 2020, Permata telah mengumpulkan dana yang cukup fantastis yakni sebanyak Rp 2.482.000,- dan menyalurkan 25 paket Sembako, Kamis (14/5/2020), 14 Mei 2020 di Kampung Bunisari Desa Kertasari Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta.

Mochamad Ilga Sopian Maksum (Bader) selaku Ketua Umum PB Permatw menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Purwakarta selaku donatur, dermawan PERMATA PEDULI yang telah memberikan sebagian hartanya untuk meringankan beban masyarakat korban Covid-19.

“Tak lupa kami haturkan terimakasih kepada para pejuang kemanusiaan (kader Permata/mahasiswa Purwakarta) yang selalu berikhtiar serta berusaha membuat masyarakat tersenyum,” ujarnya.

Pos terkait