Berdayakan Pengurus, Pokdarwis Jateng Kembangkan Jasa Lanskap 

  • Whatsapp
Kepala Bidang (Kabid) SDM Pokdarwis Jateng, Rusman
Kepala Bidang (Kabid) SDM Pokdarwis Jateng, Rusman

KORAN SIDAK, BREBES – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terus berupaya mengembangkan potensi-potensi yang ada terutama para pengurusnya.

Kali ini Pokdarwis Jateng tengah melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Jasa bidang lanskap, yang tujuannya adalah untuk memberdayakan para pengurus Pokdarwis yang ada di Jawa Tengah khususnya.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (Kabid) SDM Pokdarwis Jateng, Rusman mengatakan, tercatat saat ini ada 448 lebih Pokdarwis yang ada di Jawa Tengah yang sudah sukses mengelola destinasi wisata di wilayahnya masing-masing, mulai dari pengelolaan taman rekreasi dan pengelolaan merawat tempat-tempat sejarah, sehingga dari sana lah berpikir untuk membuat jasa di bidang lanskap.

“Tahun 2020 ini kami Pokdarwis Jateng melakukan pengembangan lanskap yang nantinya bisa melayani permintaan, baik itu instansi pemerintah atau pihak swasta yang ingin membuat taman Wisata dan sebagainya,” ujarnya.

Ditambahkan, seluruh Pokdarwis yang ada di Jateng dinilai sudah mempunyai kompetensi dalam bidang lanskap. Sebab, katanya, dari ratusan destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah sudah sukses dikelolanya.

“Nantinya Pokdarwis Kabupaten/Kota bisa bekerja sama dengan Dinas Pariwisatanya masing-masing untuk bidang lanskap,” bebernya.

Nantinya lanjut dia, Pokdarwis Jawa Tengah melayani jasa lanskap dan pembuatan seni taman. Mulai dari perencanaan, manajemen, perawatan dan dan desain perencanaan lokasi, pengembangan taman estate, restorasi lingkungan dan perawatan sejarah.

“Saat ini tahapnya dalam pembentukan badan hukumnya. Sehingga nantinya ketika ada permintaan jasa lanskap Pokdarwis Jateng sudah siap,” ujarnya.

Pihaknya berharap apa yang direncanakan dalam pengembangan SDM Pokdarwis Jawa Tangah dalam bidang jasa lanskap bisa berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari semua pihak.

Sehingga, sambung dia, dengan suksesnya para Pokdarwis, maka akan menggerakan semua sektor kepariwisataan yang ada di Jawa Tengah sesuai apa yang diprogramkan Pemerintah.

“Semoga kegiatan ini berjalan sukses, karena ini tujuannya adalah untuk terus memajukan sektor kepariwisataan di Jawa Tengah,” pungkasnya. (SAR)

Pos terkait