AMPHIBI Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ke 49 Dengan Aksi di 3 Tempat

  • Whatsapp

KORAN SIDAK — Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia (AMPHIBI) peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dengan aksi di tiga lokasi terpisah di sumatera utara pada, Sabtu (05/06/2021).

Aksi di Hari Lingkungan Hidup yang digelar AMPHIBI di Pantai Bagan Serdang Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang dihadiri Menteri LHK yang diwakilkan.

Baca Juga :

Balai Besar KSDA sumatera utara UPT Kementerian LHK Mustafa Imran Lubis SP, Gubernur Sumut yang diwakili Kapala UPT pengelolaan sampah yang juga perwakilan DLH Sumut Akmal Saputra, Kapala Bpdashl Wampu Sei Ular diwakili Kasi RHL Anton Sudarwo S.Hut M.Si.

Danyon Marhanlan 1 Belawan yang menurunkan personil sebanyak 40 orang diwakili Pasiops Yon Marhanlan Mayor Marinir Santri MS Sitepu, Polair, Raja Ramoenia Kesultanan Serdang Tengku Hermansyah AMP, Masyarakat desa Bagan Serdang serta SMPN 1 Pantai Labu, Ketua Umum IPIS Suprayitno, ketua Tekab Sumut Uwo Bily dengan penanaman 45.000 Mangrove.

Sementara penanaman 1000 pohon lindung di lakukan Amphibi bersama Kompas USU dan masyarakat dilakukan di hulu sungai deli Ds.Bukum Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.

Sedangkan di Medan Deli Kota Medan, Amphibi bersama Pemkot Medan melakukan Aksi bersih sampah di sepanjang jalan pemotongan Hewan kel.Mabar bersama camat Medan Deli dan 6 Kelurahan se medan Deli, anggota DPR RI, DPRD kota medan serta 14 personil Marinir AL.

Ketua umum Amphibi Agus Salim Tanjung So,Si, mengatakan bahwa peringatan HLH ke 49 mengangkat Tema “Restorasi Mangrove & Daerah Aliran Sungai” serta mendukung Presiden RI dalam program Padat Karya untuk Percepatan Ekonomi Nasional (PEN) melalui Badan Restorasi Gambut dan  Mangrove dengan penanaman Mangrove di pesisir pantai.

“Dengan semangat Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kami siap membantu dan mensukseskan program pemerintah pusat maupun daerah,” ucapnya.

Kepala UPT Pengelolaan Sampah Provsu Akmal Saputra yang mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Kadis LH Provsu dalam sambutannya, menyatakan dukungannya terhadap program Amphibi dalam perbaikan lingkungan hidup khususnya dalam pengelolaan sampah.

“Kami telah memberikan pinjam pakai 2 unit Bentor pengangkut sampah.
Semoga unit tersebut dapat membantu Amphibi dalam pengangkutan sampah di Sungai Deli Kota Medan dan Deli serdang,” ujarnya.

Mustafa Imran Lubis SP yang mendapat disposisi Menteri LHK
Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.dan
Balai Besar KSDA sumatera utara , menyatakan apresiasinya kepada Amphibi yang telah ikut aktif berperan dalam perbaikan lingkungan hidup.

“Kami sangat mendukung upaya rekan rekan Amphibi membantu kementerian lhk dalam melibatkan masyarakat untuk peduli terhadap kegiatan lingkungan,” ujarnya.

Senada dengan kabalai pdashl Wampu Sei Ular yang diwakili Kasi RHL Anton Sudarwo S.Hut M.Si sangat mengapresiasi upaya Amphibi dalam mereboisasi Hutan dengan melakukan penanaman pohon produktif dan lindung di hulu sungai Deli di Desa Bukum Kecamatan Sibolangit bersama Kompas USU dan pecinta lingkungan.

“Kami juga telah membantu 1000 pohon berupa Durian, Nangka, Petai, Jengkol, Alpukat, Pucuk Merah dan Ketapang Kencana.Terkait mangrove, Anton menjelaskan bahwa ditahun 2021, restorasi Mangrove ditangani oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove,” jelas Anton.

Dilokasi bersamaan Raja Ramunia Ke VII Tengku Sri Maharaja Hermansyah, AMP memberikan dukungan penuh atas kegiatan Lembaga Amphibi di Bagan Serdang Kecamatan Pantai Labu Kab. Deli Serdang dalam melestarikan lingkungan dan mengikut sertakan masyarakat dalam kegiatannya. Apalagi dalam hal ini Amphibi bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat sekitar dengan program-program kedepannya.

“Jadi saya selaku Raja Ramunia Kesultanan Serdang mendukung 100 persen kegiatannya. Semoga Amphibi tetap sukses dalam keperdulian kepada lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Saya berharap agar pemerintah juga mendukung Lembaga Amphibi yang telah berbuat nyata,” tutup Raja Ramoenia Tengku Hermansyah.

Pos terkait