Amblas, Warga Desa Cicau Desak Pemkab Bekasi Segera Perbaiki Jalan di Kampung Cikuya

  • Whatsapp

KORAN SIDAK – Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Bekasi akhir-akhir ini, menyebabkan jalan di Kampung Cikuya RT 01/016 Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat terjadi longsor atau amblas.

Kondisi jalan tersebut dikhawatirkan bisa membahayakan para pengendara roda empat. Untuk menghindari kecelakaan atau mobil terguling, pengendara roda empat untuk sementara tidak dibolehkan melewati jalan atau ditutup.

Bacaan Lainnya

Masyarakat Desa Cicau Kecamatan Cikarang Pusat meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi segera memperbaiki jalan di Kampung Cikuya RT 01/016 Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat tersebut.

Sofi salah seorang warga yang tinggal tak jauh dari jalan raya yang longosr tersebut menjelaskan, jalan amblas itu diakibatkan oleh hujan deras tadi malam. Tiba-tiba dirinya mendengar suara keras dan pas dilihat ternyata jalan amblas di dua titik sepanjang 1 kilometer.

“Selain jalan yang amblas, ternyata banyak pepohonan yang tumbang akibat longsornya jalan dan yang paling riskan adalah tiang listrik sudah miring serta kabel listrik nya pun berada pada pohon-pohonan yang miring mau tumbang,” kata Sofi, Kamis (25/2/21).

Sebagai masyarakat, dirinya sangat berharap Pemkab Bekasi segera melakukan perbaikan.

“Kami berharap jalan menuju daerah kami diperbaiki, karena sebagian besar sudah rusak dan sering menyebabkan pengguna jalan kecelakaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua LPLHI Kabupaten Bekasi Samsudin mengatakan, amblasnya jalan aspal kemungkinan besar karena kontur tanah yang labil. Selain itu lanjutnya, tidak adanya kajian lingkungan yang matang apabila ingin membangun infrastruktur jalan di wilayah.

Seperti di wilayah Desa Cicau, kontur tanahnya labil dan mudah longsor jika musim hujan.

“Seharusnya, jika ingin membangun infrastruktur, seperti jalan, dikaji terlebih dahulu kondisi alam sekitarnya. Jangan asal membangun saja, mengingat lingkungan alam di Desa Cicau datarannya berbukit dan mudah longsor. Seharusnya ditanami pohon untuk menyanggah tanah, dan Kami cek jalan aspal di Desa Cicau itu dipinggirnya tidak ada penanaman pohon,” bebernya

Pantauan koransidak.com, kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa dan situasi terakhir jalan sudah ditutup sementara, untuk akses ke kantor Pemkab Bekasi dialihkan dari Jalan Raya Serang menuju Lippo, hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Editor: Budhie Uban

Pos terkait