Aksi Menanam Pohon, AMPHIBI Hijaukan UPTS Bantar Gebang

  • Whatsapp
AMPHIBI Bekasi Raya Melakukan Aksi Menanam Pohon di UPTS Bantar Gebang, Kota Bekasi Jawa Barat. (doc. Suhadi)

KORAN SIDAK – Lembaga Lingkungan Hidup Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia (AMPHIBI) dalam menyambut hari besar lingkungan hidup pada bulan November yaitu, hari pohon sedunia & hari tanam pohon, AMPHIBI melakukan aksi penanaman pohon UPST Bantar Gebang, Sabtu (28/11/2020).

Dalam aksinya melakukan sample uji coba penanaman pohon sebagai solusi dalam melakukan penanaman pohon terutama di wilayah zona UPST Bantar Gebang. Acara tersebut telah dihadiri oleh perwakilan dari UPST Bantar Gebang Ade Fatoni, Ketua AMPHIBI Bekasi Raya Mohamad Hendri A, ST. Ketua Bidang SDA Joko Santoso.

Bacaan Lainnya

Mohamad Hendri Ketua AMPHIBI Bekasi Raya mengatakan, Lembaga lingkungan hidup Amphibi berinisiatif mencoba melakukan eksperimen uji coba dalam melakukan konsep tanam pohon menggunakan tanggul penahan tanah untuk memperkuat pertumbuhan akar pada bibit pohon agar layak hidup.

“Adapun beberapa jenis tanaman yang ditanam di lokasi zona 1 (satu) UPST Bantar Gebang yang di tanam diantaranya tanaman produktif dan pohon pelindung, salah satunya adalah tanaman pohon mangrove yang dapat menyerap zat racun yang terkandung dalam air tanah, sekaligus penyerap zat Carbon yang sangat baik,” kata Hendri.

Ia berharap kedepannya dalam melakukan aksi penanaman pohon tersebut Lembaga Lingkungan Hidup AMPHIBI dapat merubah wajah UPST Bantar gebang dalam pemulihan kualitas lingkungan di area UPST Bantar gebang khususnya.

“Kedepannya tidak hanya di UPST Bantar Bebang saja, melainkan akan melakukan sinergitas dalam rangka perbaikan lingkungan hidup di TPA lainnnya, diantaranya TPA Sumur Batu milik Pemerintah Kota Bekasi dan TPA Burangkeng milik Pemkab Bekasi. Untuk uji coba penanaman pohon di UPST Bantar Gebang untuk pemeliharan dan perawatan dan pemeliharaan tanggung jawab Lembaga Lingkungan Hidup AMPHIBI,” harapnya.

Sementara, Ade Fatoni perwaiklan dari UPST Bantar Gebang mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut ia sangat mengapresiasi kegiatan uji coba penanam pohon di sekitar TPST Bantargebang.

“Selain memperindah area masih banyak manfaat pohon ke depannya salah salah satunya memnyerap zat carbon, terpenting perawatan ke depannya agar pohon tersebut terus tumbuh dan berkembang,” katanya.

Pos terkait