Ada Bangunan di Lahan Pertanian, Warga Gombang Pertanyakan Peruntukannya

  • Whatsapp
Kampung Gombang, Desa Sukakerta, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi.

KORAN SIDAK, Bekasi – Masyarakat Kampung Gombang, Desa Sukakerta, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, mempertanyakan pembangunan gedung yang berdiri diatas lahan pertanian produktif. Pasalnya, masyarakat sekitar banyak yang belum mengetahui peruntukan pembangunan gedung diatas lahan seluas 3 hektar itu.

“Kami minta pengusaha kooperatif mensosialiasikan peruntukan pembangunan gedung itu. Sebab masyarakat berhak mengetahuinya,” ujar Heri, salah seorang warga setempat, Kamis (28/11).

Muat Lebih

Menurur Heri, banyak keluhan dari masyarakat karena banyak lalu lalang kendaraan besar yang melintas di wilayahnya. Masyarakat pun kata Heri mempertanyakan dokumen perizinan pembangunan gedung tersebut.

“Sesuai UU Keterbukaan informasi publik, pengusaha juga wajib menginformasikan kepada masyarakat  karena, yang terdampak adalah masyarakat sekitar,” bebernya.

Dirinya dan warga lainya akan mempertanyakan kepada semua pihak mulai dari, Kepala Desa, Camat hingga ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi guna mendapatkan informasi, apakah pembangunan itu sudah mendapatkan izin dari semua pihak dan tidak melanggar tata ruang di Kabupaten Bekasi.

“Saya bersama warga akan pertanyakan  kepada pihak terkait apakah pembangunan gedung ini sudah mendapatkan izin dan kalau sudah apa saja rekomendasi kewajiban-kewajiban pengusaha terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, “bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPSP) Efendi, mengaku belum memeriksa secara detail terkait pembangunan yang di maksud, kendati demikian, pihaknya akan segera mencari tahu apakah sudah masuk permohonannya atau sudah dikeluarkan.

“Coba nanti kami cek dulu ya, nanti diinformasikan,” Singkatnya. (sar)

 

Pos terkait