Bawaslu Jakbar Ajak Civitas Kampus, Ormas Pemuda dan Media dalam Penguatan Pengawasan Partisipatif

  • Whatsapp
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat mengadakan kegiatan Penguatan Pengawasan Partisipatif.

KORAN SIDAK, Jakarta – Dengan tagline “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakan Keadilan Pemilu”, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat mengadakan kegiatan Penguatan Pengawasan Partisipatif, Senin (25/11) siang hingga sore hari.

Ketua Bawaslu Jakbar Oding Junaidy menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka Penguatan Pengawasan Partisipatif bagi masyarakat dan hal itu penting dilakukan agar kedepan elemen masyarakat mempunyai pemahaman yang sama tentang pengawasan.

Muat Lebih

“ini penting agar bisa menjadi pendorong kuat dalam pengawasan partisipatif di masyarakat dan untuk kedepannya masyarakat harus terlibat semua dalam ranah pengawasan untuk pemilu yang lebih baik lagi,sesuai dengan amanat Undang-Undang No.7 Tahun 2017”, Jelasnya.

Pengawasan partisipatif sendiri termaktub di dalam Pasal 448 ayat (3) yang bunyinya “Bahwa bentuk partisipasi masyarakat adalah a) tidak melakukan keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu, b) tidak mengganggu proses penyelenggaraan tahapan Pemilu, c) bertujuan meningkatkan partisipasi politik masyarakat secara luas, dan d) mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan Pemilu yang aman, damai, tertib, dan lancar”.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para civitas kampus, ormas pemuda dan juga media tv, cetak maupun online.

“Alhamdulillah pada hari ini hadir civitas kampus, ormas pemuda dan media, ini penting untuk terus kita publikasikan, untuk pemilu yang lebih baik lagi. Kami berharap yang hadir di sini menjadi kepanjangan tangan kita dibawah untuk pengawasan partisipatif, bila perlu nanti kita buat MOU,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula sebagai pemateri dari Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Sitti Rahman dan juga pemateri dari Bawaslu Kota Jakarta Barat A. Zubadillah Kordiv pengawasan dan Abd. Ro’uf Kordiv penindakan. (tidar)

Pos terkait