KPI IAIN Cirebon Bangun Kewirausahan Mahasiswa Lewat Digital Media

  • Whatsapp
KPI IAIN Cirebon Bangun Kewirausahan Mahasiswa Lewat Digital Media

KORAN SIDAK, Cirebon – Era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan dahsyatnya digitalisasi teknologi, memaksa semua pihak untuk ikut menyelaraskannya. Hal ini juga dilakukan bidang kewirausahaan, HMJ Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas FUAD IAIN Cirebon yang menggelar kegiatan seminar digital, Senin (3/19), di ruang Auditorium FUAD, lantai 4.

Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar dan Talkshow, Erwin Ernawan menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan kreatifitas bidang HMJ Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN SNJ Cirebon dan merupakan program pertama yang dilakukan oleh bidang kewirausahaan KPI.

Muat Lebih

“Mengenai kegiatan ini, tentu adalah bagaimana kita berkreatif dalam berwirausaha, yaitu dengan menggunakan digital media. Seperti bagaimana menggunakan YouTube, Instagram dan lainnya. Lalu selanjutnya, bagaimana cara kita menghasilkan uang dari sini,” ucapnya.

Tujuannya sendiri, lanjut Erwin, agar mahasiswa bisa lebih berkreatif lagi. Terutama dalam berwirausaha dengan menggunakan media digital. “Kan sekarang sudah jamannya digital, di mana klik pakai jempol saja sudah bisa menghasilkan uang,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Erwin, upaya menghadapi era industri 4.0 ini, mahasiswa KPI IAIN Cirebon harus dibekali jiwa enterpreneur. Dan diharapkan dari 120 peserta seminar enterpreneur dan Talkshow Creativepreneur tersebut, mahasiswa bisa mengaktualisasikan ilmunya.

Demikian juga dinyatakan Dekan FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr.Hajam MAg, bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi penguatan jurusan KPI dari sisi lain, sehingga harus lahir rasa kemandirian. mahasiswa yang dibekali jiwa bisnis dan usaha dengan menggunakan teknologi media ini, mereka harus bisa berusaha di dunia bisnis untuk menyambut kedatangan era industri 4.0.

Di era industri ini, kata Hajam, mahasiswa harus mempunyai jiwa interpreneur kewirausahaan agar mahasiswa bisa berkompetisi dan bersaing dengan dunia luar.

“Diharapkan, setelah selesai menempuh pendidikan di jurusan ini, mereka tidak hanya memiliki keilmuan KPI, tapi juga punya keilmuan di bidang lain, yaitu interpreneur kewirausahaan,” tandasnya. (din)

Pos terkait